kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

Bimbingan Teknis (Bimtek) Penanganan Logistik, Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Perolehan Suara dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros Tahun 2015

12038581_907423069333905_3586150818264588044_o

 

Makassar, Sabtu 19/9/2015 KPU Kabupaten Maros menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penanganan Logistik, Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Perolehan Suara dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros Tahun 2015 kepada seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Maros, bertempat di Grand Imawan Hotel Makassar. Bimtek tersebut diselenggarakan dalam rangka pembekalan kepada penyelenggara terkait persiapan menjelang pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 9 Desember 2015. Acara dimulai jam 14.00 Wita, dipimpin langsung oleh Ketua KPU dan dihadiri oleh anggota komisioner KPU lainnya.

Setelah dibuka oleh Ketua KPU, acara dilanjutkan pemaparan materi pada sesi pertama oleh Ketua Panwas Kab. Maros. Materi tentang Teknis Pengawasan Logistik, Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Perolehan Suara. Materi yang disampaikan meliputi tentang pengawasan logistik dan alur penghitungan suara disemua tingkatan baik yang berada di KPU, PPK, hingga TPS.

Dilanjutkan materi tentang Pemutakhiran Data Pemilih yang disampaikan oleh Dr. Ansar. M.Si, selaku divisi Pemutakhiran Data Pemilih. Materi dalam sesi kedua ini, difokuskan pada tahapan pemutakhiran data pemilih, mekanisme yang mengatur tentang pendataan pemilih dan implementasi data pemilih di tiap tingkatan. Setelah sesi pertama, dilanjutkan dengan sesi kedua yang disampaikan oleh Kapolres Maros yang diwakili Kabag Ops. Memaparkan Peran dan Fungsi POLRI dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015 pokok bahasan yaitu tentang tugas pokok pengamanan, sasaran pengamanan, target pengamanan dan potensi kerawanan. Dilanjutkan bimtek memaparkan materi Logistik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Penanganan dan Pendistribusian yang disampaikan oleh Samsu Rizal, S.IP selaku divisi Logistik, materi tersebut difokuskan pengadaan dan kebutuhan bahan atau material Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros Tahun 2015 serta alur distribusinya disemua tingkatan baik yang berada di KPU, PPK, PPS, hingga TPS. “Pemahaman tentang pengadaan logisitik dan distribusinya ke setiap tingkatan ini penting demi kelancaran pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros Tahun 2015 mendatang, terutama berkaitan dengan ketepatan jumlah dan jenis bahan pemilu yang dibutuhkan disetiap tingkatan terutama bahan pemilu seperti surat suara, formulir model C, sampul, Salinan DPT, kotak suara, bilik suara, dan ATK lainnya” tandas Samsu Rizal.

Pada sesi ketiga disampaikan oleh Dra. Darmawati, M.Pd. selaku divisi teknis dengan mengangkat 3 pokok bahasan yaitu tentang pemungutan suara, penghitungan, rekapitulasi suara dan Simulasi pemungutan suara. Fokus materi yang mendapat perhatian dalam tungsura sangat berkaitan dengan teknis pengisian formulir model C pada saat pelaksanaan hari H.

Dalam rangka meningkatkan tingkat pemahaman pengisian formulir model C, terutama sertifikat dan lampiran C1, maka dalam kesempatan tersebut dilakukan simulasi pengisian formulir C1 yaitu sertifikat pemungutan dan penghitungan suara. KPU Kab. Maros membagi soal simulasi kepada seluruh peserta PPK yang hadir dan diminta untuk mengisinya secara benar. Harapannya dengan simulasi tersebut, tingkat penguasaan materi, proses dan hasil pengisian formulir semakin memadai di tingkat PPK. Menurut Darmawati hal ini penting karena dengan penguasaan materi di tingkat PPK selaku penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros Tahun 2015 tingkat Kecamatan, maka nantinya ketika melakukan bimtek yang sama ke tingkat tingkat KPPS, derajat penguasaan atas materi relatif sama sehingga dapat mengurangi terjadinya kesalahan yang tidak perlu dalam pelaksanaannya.

Sesi keempat memaparkan materi tentang Anggaran PPK, PPS, KPPS, Penggunaan dan Pertanggungjawaban yang disampaikan oleh Abdur Rahman, S.H., M.H. selaku Sekretaris KPU Kab. Maros, dilanjutkan materi tentang Sosialisasi dan Peningkatan Partisipasi Pemilih yang disampaikan oleh Syaharuddin, S.Pd. selaku divisi Sosialisasi. Sesi kelima yang disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Maros yang diwakili Oleh M. Khuzeni selaku Kasi JPU memaparkan materi tentang Peran Kejaksaan dalam Penegakan Hukum terhadap Pelanggaran dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015. Bimbingan Teknis (Bimtek) Penanganan Logistik, Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Perolehan Suara dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros Tahun 2015 hari itu ditutup dengan sesi Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang disampaikan oleh Ali Hasan, S.H. selaku Ketua divisi Hukum.

Tepat pada pukul 12.00 Wita, acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Penanganan Logistik, Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Perolehan Suara dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros Tahun 2015 ditutup oleh Ketua KPU Kab. Maros, Ali Hasan, dengan diiringi tepuk tangan peserta. (Lye).

 

 

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.