kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

“DATU” KOMISIONER KPU MAROS JADI KEYNOTE SPEAKER

Untitled 11

MAROS — Rabu, 9 September 2015. Sebagai wujud pelaksanaan dari Pasal 3 huruf c dan Pasal 4 huruf b Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2015 tentang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. KPU Kabupaten Maros memiliki tanggungjawab untuk mensukseskan makna untaian pasal tersebut dengan cara melebarkan kegiatan-kegiatan sosialisasi. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Maros adalah menjadi Keynote Speaker dalam rangkaian Acara Dialog Publik yang di selenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri bekerjasama dengan Madani Society Institut Kabupaten Maros pada hari Rabu, 9 September 2015 bertempat di Aula Pendopo A Pemkab Maros.

Rangkaian Acara tersebut dimulai dengan sambutan oleh ketua panitia penyelenggara dilanjutkan dengan sambutan ketua Madani Society Institut, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian terhadap peran pemuda dalam mengawal pemilukada di Maros karena melihat serta berdasarkan hasil-hasil riset lembaganya menunjukkan adanya penurunan partisipasi masyarakat dalam pemilu maupun pemilikada sehingga merasa terpanggil untuk melaksanakan kegiatan Dialog Publik ini dengan mengundang perwakilan organisasi kepemudaan maupun organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Maros sebagai peserta dalam kegiatan tersebut serta menghadirkan beberapaKeynote Speaker yang dianggap berkompeten dari lembaga yang memiliki keterkaitan langsung terhadap Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Maros diantaranya KPU Kabupaten Maros yang diwakili oleh Syaharuddin selaku Komisioner Divisi Sosialisasi dan SDM, Kepolisian Resor Maros yang diwakili oleh Kabag OPS Ahmad Riadi, KNPI Kabupaten Maros yang dibawakan langsung oleh Sang Ketua Marjan Massere, Kesbangpol Pemda Maros yang diwakili oleh Kasi Komplik Saharuddin. Sebelum Ketua Madani Society Institut turun dari mimbar penyampaian kata sambutan, beliau terlebih dahulu memperkenalkan perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri yang akan membuka rangkaian acara tersebut sekaligus mengakhiri dan mempersilahkan perwakilan dari Kemendagri yang diwakili Kasubdit Masalah Sosial Kemasyarakatan Erni Yuliantiningsih untuk memberikan kata sambutan.

Dalam sambutannya, Erni selaku perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan program kerjasama dengan organisasi kemasyarakatan maupun organisasi kepemudaan. Namun, pada tahun ini kita mengangkat tema Peran Pemuda Dalam Mengawal Pemilukada Damai karena tahun ini merupakan momentum pemilukada. Sesaat setelah kata sambutan, Erni langsung membuka acara secara resmi yang disambut applause meriah oleh para peserta yang kemudian dilanjutkan pemaparan para pemateri.

Giliran Syaharuddin yang mewakili KPU Kabupaten Maros menyampaikan materi mempertegas bahwa kegiatan sosialisasi seperti ini sangat diperlukan terlebih di kelompok-kelompok masyarakat maupun kepemudaan. “Datu” sapaan akrab Syaharuddin juga sangat mengapresiasi kerja keras dari panitia penyelenggara karena dapat melaksanakan kegiatan ini di Kabupaten Maros. Lanjut “Datu” mengungkapkan bahwa Sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 15 tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu dikatakan bahwa lembaga yang berwenang menyelenggarakan pemilu adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) sesuai tingkatannya. Oleh karenanya, KPU Kabupaten Maros mempunyai tugas dan wewenang untuk mensosialisasikan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros agar proses demokrasi lokal di Kabupaten Maros dapat berjalan sesuai harapan masyarakat Maros. Penyelenggaraan Pemilihan tidak semata-mata berhubungan dengan partai politik pengusung Pasangan Calon maupun para Tim Pasangan Calon tetapi juga harus dengan masyarakat sebagai pemberi suara. Partisipasi pemilih sangat penting dalam menentukan keberhasilan pemilihan. Maka pendidikan politik menjadi sebuah kebutuhan untuk meningkatkan pemahaman politik rakyat agar secara maksimal dapat melibatkan diri dalam proses pemilu., Ungkap pria menghobi burung tekukur ini yang juga merupakan alumni penyelenggara tingkat kecamatan. (Yusdar)

 

 

 

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.