kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

PENETAPAN DAFTAR PEMILIH SEMENTARA (DPS) DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI MAROS TAHUN 2015

 

 

 

DPS

 

 

Maros — Selasa, 1 September 2015. Kabupaten Maros merupakan salah satu dari 11 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan yang akan melaksanakan hajatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Rabu, 9 Desember 2015. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan ibu kota Propinsi Sulawesi Selatan, dalam hal ini adalah Kota Makassar dengan jarak kedua kota tersebut berkisar 30 km dan sekaligus terintegrasi dalam pengembangan Kawasan Metropolitan Mamminasata dengan luas wilayah 1.619,12 km2 dan terbagi dalam 14 wilayah Kecamatan, 103 Desa/Kelurahan serta memiliki jumlah TPS sebanyak 630. Secara administrasi wilayah berbatasan dengan Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Pangkep, Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Gowa dan Bone, Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Gowa dan Kota Makassar, Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Makassar sehingga tentu pemutahiran data pada kabupaten ini memiliki tantangan tersendiri serta profesionalisme dari petugas pemutakhiran.

Sejak digaungkan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maros berdasar pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 4 tahun 2015 tentang Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota mengeluarkan Keputusan Nomor : 32/Kpts/Pilbup/KPU-Kab/025-433319/VII/2015 serta Keputusan : 39/Kpts/Pilbup/KPU-Kab/025-433319/VII/2015 telah memulai pemutakhiran data serta rekapitulasi dan penetapan ditingkat Desa/Kelurahan hingga hari ini melaksanakan hajatan Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara tingkat Kabupaten Maros yang diselenggarakan di Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maros. Kegiatan tersebut juga merupakan wujud pelaksanaan dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Sesaat setelah adzan ashar dikumandangkan di Kota Turikale, Ketua Komisi Pemilihan Umum Ali Hasan diapit komisioner lainnya Ansar, Darmawati, Samsu Rizal, Syaharuddin memberikan kata sambutan sekaligus membuka Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros. Acara tersebut turut dihadiri Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan Iqbal Latif, Ketua Panwas Pemilihan Maros Haruna Yusuf, Tim Penghubung dari ketiga Pasangan Calon, Kapolres Maros yang diwakili Kasat Intel Muh.Idris serta rekan-rekan dari wartawan.

Setelah pembukaan acara, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maros mempersilahkan Komisioner Divisi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih untuk memandu acara Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih. Komisioner Ansar mempersilahkan perwakilan tiap Kecamatan dimulai dari Kecamatan terjauh dari Ibu Kota Kabupaten hingga terdekat menyampaikan Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Adapun hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk tingkat Kabupaten Maros terdiri dari 123.879 laki-laki dan 134.664 perempuan dengan total 258.543 pemilih yang dituangkan dalam Berita Acara Nomor : 139/BA/IX/2015. Usai penyampaian dari 14 Kecamatan, Ansar mempersilahkan masing-masing Tim Penghubung Pasangan Calon menyampaikan masukan terhadap rekapitulasi daftar pemilih sementara tersebut, salah satu Tim Penghubung Pasangan Calon memberikan masukan yakni Tim Penghubung dari Pasangan Calon dengan tagline “HATIta”.

Adapun masukan dari Tim tersebut bahwa “kita telah belajar dari pemilu ke pemilu, masalah yang paling utama adalah daftar pemilih, semoga masalah tersebut pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros Tahun 2015 dapat diminimalisir” pernyataan tersebut langsung diamini oleh peserta acara. Kesempatan berikutnya diberikan kepada Ketua Panwas Pemilihan Maros memberikan masukan terhadap daftar pemilih sementara yang akan ditetapkan, Ketua Panwas Pemilihan Kabupaten Maros menyampaikan bahwa “hari ini kita sudah menyaksikan angka-angka yang telah disampaikan oleh perwakilan dari masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan dan semoga hal tersebut dapat menyesuaikan fakta yakni by name dan by address dan betul-betul kita dapat meminimalisir kekurangan yang ada”. Lanjut dari rangkaian acara tersebut, Ansar yang merupakan pentolan dari Penyelenggara Pemilihan Tingkat Kecamatan yang juga membidangi Divisi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih 2 (dua) periode pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maros mengungkapkan bahwa Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara ini merupakan awal dari pemutakhiran data yang selanjutnya kami akan melakukan print out serta senantiasa mengharapkan masukan dari kita semua. (yusdar & Lye)

 

 

 

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.