kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

DEBAT PUBLIK PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI MAROS TAHUN 2015

Foto Debat Publik

 

 

Maros — Sabtu, 24 Oktober 2015. Terik panas matahari menyinari kota turikale, siang menjelang sore tidak menyurutkan semangat para Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Maros maupun para simpatisan meneriakkan yel-yel menuju Gedung Serbaguna Pemda Maros serta para tamu undangan guna mewujudkan amanat Pasal 21 dan Pasal 22 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Lembaran daftar tamu undangan telah disiapkan oleh Panitia Sekretariat KPU Maros sejak ba’da shalat dhuhur, menjelang pukul 15.00 Wita Pasangan Calon H. A. Husain Rasul, S.H. – H. Sudirman Sirajuddin, S.E. dengan tagline “HaDir”, tiba terlebih dahulu mengisi daftar tamu dikawal para simpatisan. Berselang beberapa menit kemudian Pasangan Calon Ir. H. Muh. Imran Yusuf, M.M. – H. Said Patombongi dengan tagline “Iman” datang mengisi lembaran daftar tamu juga dikawal oleh para simpatisan. Menjelang acara dimulai Pasangan Calon Ir. H. M. Hatta Rahman, M.M. – Drs. H. A. Harmil Mattotorang, M.M. dengan tagline “HATIta” juga memadati Gedung Serbaguna tersebut. Menjelang acara dimulai para tamu undangan datang silih berganti dan langsung memasuki ruangan Debat Publik berkisar 500-an undangan yang harus melalui pemeriksaan personil Polwan Pores Maros dengan Detectore System.

Panitia Sekretariat KPU Maros berdasarkan tugas masing-masing yang telah dituangkan dalam Surat Tugas Nomor : 80/ST/Pilbup/KPU-Kab/025-433319/X/2015 mempersilahkan para Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati beserta para undangan duduk ditempat yang telah disediakan, lampu sorot Kru Celebes TV pun mulai dinyalakan pertanda acara segera dimulai. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan oleh para hadirin yang memadati Gedung Serbaguna tersebut, sesaat setelah menyanyikan Lagu Kebangsaan, Kru Celebes TV yang merupakan TV kontrakan KPU Maros dalam pelaksanaan debat publik memanggil Ketua KPU Maros Ali Hasan naik dipodium untuk menyampaikan sambutan. Ali Hasan dalam sambutannya menguraikan dasar hukum pelaksanaan debat serta lebih lanjut menyampaikan bahwa pelaksanaan debat publik ini merupakan rangkaian pelaksanaan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros Tahun 2015 serta merupakan rangkaian dari kegiatan sosialisasi. Diakhir sambutannya, Ketua KPU Maros menyampaikan bahwa Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Maros akan memperebutkan suara pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap saat ini dengan jumlah 257.524 pemilih. Penyampaian kata sambutan pun telah selesai disampaikan oleh Ali Hasan dengan kembali ketempat yang telah disediakan.

Suara panggilan terdengar dari sound menyebut nama Dr. Jayadi Nas, M.Si. yang merupakan Ketua KPU Provinsi Sulawesi Periode 2008-2013 bertindak sebagai Host dalam Debat Publik tersebut melalui Keputusan KPU Maros dengan Nomor : 71/Kpts/Pilbup/KPU-Kab/025-433319/X/2015.

Jayadi Nas pun mulai menjalankan tugas sebagai Host dengan memanggil para Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati menempati posisi yang telah disiapkan. Host membacakan tata tertib dan aturan main dalam Debat Publik tersebut yang wajib ditaati oleh Pasangan Calon maupun para hadirin. Debat Publik ini menggunakan 7 (tujuh) segmen yakni pada segmen 1 (satu) memberikan kesempatan pada masing-masing Pasangan Calon memaparkan Visi dan Misi, selanjutnya pada segmen 2 (dua) Host bertanya kepada masing-masing Pasangan Calon untuk memperdalam Visi dan Misi, pada segmen 3 (tiga) Host memberikan pertanyaan sesuai dengan tema yang telah ditentukan yang sama kepada Pasangan Calon, segmen 4 (empat) masing-masing Pasangan Calon memiliki kesempatan bertanya kepada Pasangan Calon lainnya dengan pertanyaan yang sama sesuai dengan Visi dan Misi Pasangan Calon lain, segmen 5 (lima) masing-masing Pasangan Calon memiliki kesempatan untuk saling bertanya, menjawab dan menanggapi, pada segmen 6 (enam) merupakan lanjutan dari segmen 5 (lima) bahwa masing-masing Pasangan Calon memiliki kesempatan untuk saling bertanya, menjawab dan menanggapi serta pada segmen 7 (tujuh) merupakan segmen terakhir dari rangkaian acara Debat Publik, Host memberikan kesempatan yang sama kepada Pasangan Calon yaitu sesi closing statement untuk para pendukungnya. Materi Debat Publik ini disusun bersama oleh KPU Maros bersama Tim Ahli/Pakar diantanya Prof. Dr. Armin Arsyad, M.Si., Prof. Dr. Yusran Yusuf, M.Si., Prof. Dr. Nurul Ilmi Idrus, P.hd., Prof. Dr. H. Muin Fahmal, SH., MH., Dr. Jayadi Nas, M.Si., Dr. H. Muh. Darwis, MA.,DPS. atas dasar Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maros Nomor : 63/Kpts/Pilbup/KPU-Kab/025-433319/IX/2015. (Yusdar)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.