kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

SOSIALISASI PENTAS SENI BUDAYA

 

 

 

 

BANG DATU

Maros, 17-11-2015,- Sebagai langkah nyata dari KPU Kabupaten Maros melaksanakan amanat Pasal 5 huruf c Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota menyatakan bahwa tahapan persiapan dalam pemilihan terdiri atas program sosialisasi, penyuluhan dan bimbingan teknis. Dalam lampiran Peraturan Komisi Pemilihan Umum tersebut memberikan peluang yang sangat luas kepada KPU Kabupaten/Kota dalam hal ini KPU Kabupaten Maros melaksanakan sosialisasi, penyuluhan dan bimbingan teknis yakni dari tanggal 16 April 2015 s/d 8 Desember 2015. Terlebih lagi, kegiatan sosialisasi diatur khusus dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2015 tentang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, sebagaimana yang diatur dalam Pasal 4 ayat (1) menyatakan bahwa sasaran dalam pelaksanaan sosialisasi pemilihan, meliputi komponen: masyarakat umum; pemilih pemula meliputi remaja, pemuda, pelajar dan mahasiswa; tokoh masyarakat dan/atau pemuka adat; kelompok media massa; partai politik; pengawas, pemantau pemilihan dalam negeri dan pemantau pemilihan asing; organisasi kemasyarakatan; organisasi keagamaan; kelompok adat; instansi pemerintah; partai politik; dan/atau pemilih dengan kebutuhan khusus. Dibawah kendali Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Maros Syaharuddin sapaan akrab Bang Datuk memanfaatkan dengan baik amanat ketentuan regulasi tersebut untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosialisasi salah satunya adalah sosialisasi melalui pementasan seni budaya.

Malam dengan awan-awan menyelimuti langit biru Kota Turikaale terpancar sorotan lampu kearah panggung pementasan seni budaya dalam rangkaian Sosialisasi Pilkada Damai pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros Tahun 2015 yang terselenggara atas kerjasama antara KPU Kabupaten Maros dengan Badan Kerjasama Kesenian Indonesia (BKKI) Kabupaten Maros, Dewan Kesenian Butta Salewangeng (DKBS) Kabupaten Maros, Radio Butta Salewangeng Maros (BSFM).

Sesaat sebelum acara dimulai Panitia menyuguhkan peserta atraksi gendang yang dilanjutkan Sambutan Pembukaan oleh Komisoner KPU Kabupaten Maros yang diwakili oleh Komisioner Ansar. Dalam sambutannya Ansar yang juga komisioner divisi data 2 (dua) periode menyampaikan bahwa kegiatan pementasan seni budaya yang direncanakan ini merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros, lanjut Ansar menyampaikan bahwa ada beberapa tahapan yang telah dilaksanakan di KPU Kabupaten Maros mulai dari tahapan pemutakhiran data pemilih serta tahapan-tahapan lainnya hingga saat ini KPU Kabupaten Maros telah melaksanakan kegiatan sortir dan pengepakan surat suara serta perlengkapan pemungutan suara lainnya yang nantinya akan di distribusikan ke PPK maupun tingkat TPS. Akhir sambutan, Ansar berharap agar kiranya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros dapat berjalan dengan baik secara khusus dan Pilkada Serentak se-Indonesia pada umumnya dan mengajak hadirin bersama-sama datang ke TPS memberikan hak pilih serta partisipasi untuk mensukseskan Pilkada Serentak yang akan dihelat pada Rabu, 9 Desember 2015.

Setelah Ansar kembali ketempat, Panitia kembali menyuguhkan peserta tari Kalabbirang yang menurut MC bahwa tari tersebut digarap oleh Sarjana Seni. Lanjut dari rangkaian acara tersebut, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan Iqbal Latief menyempatkan waktu menghadiri dan memberikan Kata Sambutan. Dalam sambutannya, Iqbal Latief menyampaikan pentingnya menjaga kondisi yang aman dan damai dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros. Pilkada merupakan hal yang biasa dalam proses demokrasi setiap 5 (lima) tahun dan itu mutlak kita laksanakan dalam tiap 5 (lima) tahun dan yang lebih penting dalam proses demokrasi ini adalah bagaimana kita tetap dapat menjaga daerah kita, menjaga kerukunan antar warga maros, menjaga keakraban dan silaturahmi antar sesama. Lanjut Iqbal menyampaikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Maros yang telah bersama Seniman Maros menggagas pentas seni Pilkada Damai. Pentas Seni ini merupakan kegiatan penting dalam pelaksanaan Pemilihan karena dalam jangka waktu menjelang hari pencoblosan kondisi politik semakin memuncak (memanas) sehingga kegiatan pentas seni diperlukan guna menormalkan suasana atau mendinginkan suasana yang mengalami tensi politik memanas. Dalam kegiatan ini, ada 2 (dua) hal yang kita ingin capai, pertama adalah kita ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa Pilkada di Kabupaten Maros ini adalah kedaulatan masyarakat Kabupaten Maros. Kedua, agar kiranya kegiatan ini dapat menyampaikan pesan-pesan damai terhadap masyarakat.

Lanjut dari rangkaian kegiatan ini, panitia menyuguhkan kepada peserta kegiatan-kegiatan seni yang didalamnya menyampaikan pesan-pesan terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros Tahun 2015.

Dalam kegiatan tersebut nampak canda tawa para hadirin menyaksikan 8 (delapan) jenis pementasan diantaranya tari, teater, sosio drama, puisi, musik akustik, rempak gendang, MC Keso’Keso, Biola. Naskah pementasan dari berbagai kelompok seni tersebut semua memiliki unsur sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros, sesekali naskah mempersentasekan bahwa KPU Kabupaten Maros telah melaksanakan berbagai kegiatan sosialisasi diantaranya kepada kelompok-kelompok pelajar dengan mendatangi 31 SMA/MA/SMK se-Kabupaten Maros serta memperagakan naskah pentingnya memilih pemimpin.

Sebagai akhir dari rangkaian acara, MC julukan Daeng Kulle memanggil Komisioner KPU Kabupaten Maros Divisi Sosialisasi Syaharuddin Datuk untuk menyampaikan Sosialisasi Tata Cara Pencoblosan yang baik.

Kegiatan Pentas Seni Budaya ini turut dihadiri Ketua KPU Sulawesi Selatan Iqbal Latief dan Komisioner Faisal Amir dan Mardiana Rusli, Muspida Kabupaten Maros, Desk Pilkada Maros, PPK se-Kabupaten Maros serta Organisasi Kepemudaan dan Kemasyarakatan se-Kabupaten Maros. (Yusdar)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.