kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

Kpu Maros Rakor SPIP dan SOP

rakor spip-sop
Maros, kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maros melaksanakan rapat koordinasi pembahasan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Pembahasan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelaksanaan Kegiatan di KPU Kabupaten Maros. Rapat dilaksanakan di ruang rapat yang dihadiri oleh Ketua KPU Maros bersama anggota, serta para kepala sub bagian KPU Maros, Kamis, (2/6).
 
Rapat Koordinasi dipimpin langsung oleh Ketua KPU Maros, Ali Hasan yang memulai penjelasan tentang SPIP dan SOP. Ia menjelaskan, bahwa SPIP telah berlangsung sejak Tahun 2012 dan khusus di KPU Kabupaten/Kota menjadi tanggung jawab Ketua KPU Kabupaten/Kota.
 
Ia menjelaskan setiap kegiatan harus dibuatkan laporan dengan mengacu pada peraturan/petunjuk teknis KPU terkait pembuatan laporan kegiatan. Kemudian untuk SOP, harus berdasarkan pada PKPU Nomor 17 Tahun 2015 tentang Tata Naskah Dinas.
 
Ali juga memberi petunjuk, agar setiap minggu ada pemberian untuk meningkatkan kinerja pegawai, mengingat Tahun 2016 ini tidak ada pemilihan di Kabupaten Maros.
 
Dalam hal pertanggungjawaban DIPA, Ali Hasan menjelaskan perlu pembagian tugas. Kebijakan merupakan tanggung jawab Ketua KPU Maros/ketua divisi; program merupakan tanggung jawab sekretaris; sedangkan pelaksanaan merupakan tanggung jawab kepala sub bagian.
 
Lebih lanjut, Ali Hasan menyampaikan agar anggota maupun sekretariat terus menjalin kerjasama dalam menyelesaikan, serta menyukseskan program-program kegiatan yang ada, khususnya di lingkup KPU Kabupaten Maros dan terus meningkatkan kedisiplinan.
 
Pada bagian lain, Darmawati Anggota KPU Maros memberikan masukan terkait pelaksanaan kegiatan, diantaranya sesudah rapat, notulensi rapat harus langsung menyimpulkan tanpa harus menunggu perintah dan langsung diterbitkan melalui PPID dan pembagian kerja dalam PPID harus jelas.
 
Anggota dua periode ini menjelaskan bahwa yang paling penting saat ini bukan hanya SOP Pengamanan, tetapi SOP untuk masing-masing staf, sehingga dengan adanya SOP tersebut, semuanya mengetahui tugas pokok dan fungsinya masing-masing.
 
Menanggapi penjelasan Ketua KPU Maros, Plt. Sekretaris KPU Maros, Rudy Rahmat menyampaikan bahwa ia bersama para kepala sub bagian akan segera menindaklanjuti hasil rapat ini serta akan mengawal kinerja dan kedisiplinan para staf. Ia pun menyampaikan perkembangan pemeliharaan kantor yang selama ini terus digenjot. (ydr/nsy/red. FOTO KPU Maros)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.