kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

Selayang Pandang Seputar Aplikasi SILON dan SITAP

SILON-SITAPJakarta,kpu.go.id – Pada prinsipnya sistem informasi pencalonan (silon) dibangun untuk memudahkan proses tahapan pencalonan, baik bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara maupun untuk pasangan calon. (26/5)

Hal tersebut diungkapkan Komisioner KPU, Juri Ardiantoro pada bimbingan teknis (bimtek) penggunaan sistem informasi pencalonan (silon) dan sistem informasi tahapan pilkada (SiTaP) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

“Kewajiban pasangan calon untuk menggunakan silon bertujuan untuk memudahkan mereka pada proses pencalonan pilkada,” jelas Juri.
Selama ini proses pencalonan seringkali terkendala karena ketidaksiapan para pasangan calon dalam mempersiapkan syarat-syarat administrasi yang harus dipenuhi, tidak jarang pula berkas pasangan calon memberikan syarat-syarat kelengkapan administrasi dekat dengan tenggat waktu yang ada, sehingga ini mempersulit KPU untuk memverifikasinya.

“Silon “memaksa” pasangan calon untuk menyiapkan data (berkas pencalonan) dari jauh-jauh hari,”tuturnya.
Selain itu penyebab silon wajib untuk diisi karena selama ini KPU kurang mendokumentasikan proses-proses tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada).

“Selama ini, dokumen yang berkaitan dengan proses-proses tahapan pemilu kurang di dokumentasikan dengan baik, diharapkan dengan sistem informasi ini (Silon) mempunyai manfaat sebagai bukti otentik selama proses tahapan pencalonan,” terangnya.
Juri menambahkan bukti otentik ini digunakan sebagai sumber data (data based) pencalonan yang nantinya masyarakat umum dapat dengan mudah mengetahui seluruh proses pencalonan pilkada di Indonesia.

Dari prespektif akademis, silon ini dapat dijadikan bahan kajian untuk meneliti penyebaran dukungan, jumlah bakal pasangan calon dan keterwakilan perempuan dalam peta politik dan demokrasi di Indonesia. (Sumber :www.kpu.go.id)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.