kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

KPU MAROS SOSIALISASI PENGGUNAAN ABSEN ELEKTRONIK

RAPAT ABSEN ELEKTRONIK

Maros — Rabu, 27 Juli 2016. Bertempat di Aula Kantor KPU Kabupaten Maros, dilaksanakan sosialisasi penggunaan absen elektronik Kepada Komisioner, Plt. Sekretaris, Para Kasubag, Para Staf, Petugas Pengamanan, Petugas kebersihan dan Sopir. Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Maros Ali Hasan. Dalam pemaparan awalnya Ali Hasan menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya rapat atau pleno secara periodik tiap minggu bahwa rapat rutin merupakan amanat dari Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor 317/KPU/VI/2016 tertanggal 13 Juni 2016, Perihal: Pelaksanaan Pleno bagi Anggota KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota yang memerintahkan kepada KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota se-Indonesia untuk melakukan rapat atau pleno secara periodik tiap minggu. Namun, Ali Hasan berpandangan bahwa demi efektifnya rapat tersebut maka seluruh staf dilibatkan dalam rapat tersebut. Adapun agenda rapat pada minggu akhir bulan Juli ini adalah sosialisasi atau penyamaan persepsi penggunaan absen elektronik.

Lebih lanjut, Ali Hasan menyampaikan bahwa salah satu kegunaan alat absen elektronik ini adalah penggunaannya yang sangat praktis karena komisioner maupun pegawai dapat langsung mengabsen dengan cara menempelkan salah satu jari pada layar monitor yang telah tersedia pada mesin absensi.

Sesaat setelah Ali Hasan menyampaikan paparan awal, Komisioner Darmawati yang mendampingi Ketua KPU Maros sejak dibukanya rapat, menuturkan bahwa “agar kiranya tetap menyiapkan absen manual meski absen elektronik efektif digunakan sebagai alat absen pegawai. Hal ini berguna untuk memback-up data absen pegawai apabila dikemudian hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya: alat rusak atau terjadi pemadaman listrik”.

Sutikno sebagai pengendali atau pengelola absen elektronik tersebut, menjelaskan secara terperinci bahwa absensi elektronik ini menghasilkan 3 (tiga) laporan, yaitu: Laporan berdasarkan kehadiran Per Pegawai, Rekapitulasi berdasarkan kehadiran keseluruhan pegawai per hari dan Rekapitulasi kehadiran pegawai per bulan. Dengan adanya alat absensi elektronik ini, pendataan kehadiran Komisioner maupun pegawai lingkup Sekretariat KPU Kabupaten Maros lebih akurat dan memudahkan dalam membuat laporan kehadiran setiap bulannya.

Penyampaian selanjutnya dari Komisoner Samsu Rizal mengharapkan agar kita semua baik Komisoner maupun Pegawai Sekretariat dapat bersinergi dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari serta memahami tupoksi masing-masing agar dapat tercipta keharmonisan dan kekeluargaan dalam menjalankan tugas. (Sumber : -CC- www.kpu.maroskab.go.id)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.