kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

Keserentakan Pemilu dan Pilkada Lahirkan Pemerintahan yang Efektif

PEMILU SERENTAK 2024

Palu, kpu.go.id- Desain penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) pada Tahun 2024 yang dilakukan secara serentak diharapkan akan tertata secara baik. Dalam lima tahun, aktifitas kenegaraan hanya ada pemilu nasional dan dua setengah tahunnya ialah pemilu lokal, Selasa (2/8).
“Mekanisme siklus penyelenggaraan pemilu nanti tidak akan berserakan lagi, semuanya akan tertata antara pemilu nasional dan lokal. Jadi keseluruhan itu diselenggarakan secara serentak. Walaupun desain ini perlu ditegaskan dalam UU dan masih proses penggodokan,” ungkap Anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Ferry Kurnia Riskiyansyah di sela-sela memberikan kuliah umum di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).
 
Menurut Ferry, Selain semakin tertatanya proses pemilu, dengan siklus pemilu yang serentak tersebut akan melahirkan pemerintahan yang efektif, dan dari sisi proses kepemiluan mengurangi dinamika yang muncul.
 
“Diharapkan dengan pemilu dan Pilkada yang serentak ini dapat menghasilkan pemerintah yang efektif serta mengurangi dinamika proses kepemiluan yang ada,” ujar Ferry.
 
Ferry menjadi pembicara dalam kuliah umum yang digelar di ruang aula Fakultas Ilmu sosial dan politik (FISIP) Universitas Tadulako. Kuliah Umum tersebut dihadiri oleh Dekan Fisip Slamet riyadi, dosen, dan para mahasiswa.
 
Pemilu dan Pilkada dalam ruang demokrasi di Indonesia menjadi tema yang disampaikan Ferry dalam kuliah umum tersebut. Selain itu, Ia juga mengajak keterlibatan mahasiswa dalam penyelenggaraan pemilu maupun pilkada dengan menjadi pemilih yang berperan aktif dalam setiap tahapan pemilihan.
 
“Seluruh elemen masyarakat khususnya mahasiswa dapat ikut mengawal seluruh proses pemilu ini. Dan ini penting untuk kita pahami,” pungkasnya. (Sumber : Ook, wwn, red. FOTO: ook Humas KPU)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.