kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

HUMAS ADALAH CERMIN INSTITUSI KPU

humas-kpu
Pekanbaru, kpu.go.id- Roby Leo Agust, Kepala Bagian Publikasi dan Sosialisasi Informasi Pemilu Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan bahwa Humas adalah cermin dari sebuah institusi. Informasi dan publikasi yang disebarkan oleh Humas dapat menentukan baik-buruknya citra lembaga.
Hal tersebut Robby Sampaikan dalam Workshop Jurnal Suara KPU Provinsi Riau Kamis (15/9) di gedung KPU Provinsi Riau. Robby melanjutkan bahwa dengan adanya publikasi yang intensif yang dilakukan oleh humas maka program, produk dan hasil kerja lembaga akan lebih dikenal oleh masyarakat secara luas. 
 
“Dengan begitu opini dan paradigma masyarakat tentang KPU yang bekerja hanya pada saat masa Pemilu saja, dapat berubah,” ujar Robby.
 
Terkait dengan Jurnal Suara KPU yang diproduksi oleh tiap Satuan Kerja (Satker) KPU Provinsi, Robby berpesan agar Jurnal tersebut dapat didistribusikan secara lebih luas, tidak hanya terbatas pada internal satker KPU Kabupaten/kota tetapi juga kepada stakeholder lain yang ada di tiap daerah.
 
“Jurnal dapat didistribusikan ke perguruan tinggi, Sekolah, tempat-tempat publik atau pun lembaga-lembaga pemerintah,” saran Robby.
 
Robby menjelaskan bahwa perluasan cakupan distribusi tersebut adalah salah satu upaya untuk meningkatkan dan pengetahuan pemilih tentang pemilu dengan terus memberikan informasi yang mendalam tentang pemilu.
 
Selain tentang perluasan distribusi, Robby mengatakan keterlibatan masyarakat juga dapat dilakukan dalam penulisan konten/isi Jurnal. Hal tersebut dapat dilakukan dengan penyediaan rubrik khusus yang dapat memancing keterlibatan masyarakat untuk menulis untuk  Suara KPU. 
 
“Di Majalah Suara KPU (RI), ada rubrik Pemilu on Twitter, Suara Publik, Suara Pakar, Suara Sosok dan lain-lain yang dapat memancing keterlibatan publik yang lebih luas, “ jelas Robby.
 
Acara Workshop Jurnal Suara KPU Provinsi Riau adalah acara yang dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman penyelenggara pemilu di provinsi dan kabupaten/kota di wilayah Riau dalam pembuatan dan pengemasan Jurnal Suara KPU.  
 
Selain pembicara dari KPU RI, workshop ini juga menghadirkan pembicara dari Riau Post yang memberikan materi tentang Penulisan dan dari Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) yang memberikan materi tentang desain dan tata letak Jurnal.  (Sumber : www.kpu.go.id – ftq/red/ FOTO KPU/ftq/hupmas)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.