kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

DISKUSI AKHIR TAHUN KPU MAROS

img_20161213_101239_ao_hdrJelang akhir Tahun 2016 hari Selasa, 13 desember 2016 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maros melakukan Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh Komisioner, Sekertaris, kasubag-kasubag dan staf. Acara dimulai pukul 10.00 wita dan dibuka oleh Ketua Kpu Maros Ali Hasan dan mempersilahkan audiens untuk berbagi pengalaman tentang pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan bersama.

Selanjutnya Komisioner Divisi Teknis Darmawati menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari diskusi yang talah dilaksanakan sebelumnya, darmawati menghimbau agar peserta diskusi baik kasubag maupun staf memberikan masukan se rinci-rincinya agar benar-benar bisa menjadi perbaikan dimasa yang akan datang.

img_20161213_101249_ao_hdrDiskusi berjalan dengan suasana  serius tetapi santai sehingga forum diskusi ini mengalir dengan cair, memunculkan permaslahan-permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan pemilihan dan bersama-sama memberikan ide dan solusinya.

Pada umumnya permasalahan yang muncul dalam diskusi ini masih seperti di pemilihan-pemilihan  sebelumnya, dibagian Program dan Data masih ditemukannya data pemilih ganda dan masih adanya masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih.

Sementara bagian Bagian Hukum, mengungkapkan bahwa pelaporan dana kampanye ditemukan laporan yang tidak sesuai, tidak rapi dan tidak lengkap. Alat Peraga Kampanye (APK) yang rusak dan dipindahkan tanpa konfirmasi dengan Kpu Maros dengan alasan cuaca buruk.

Sub bagian Umum Keuangan dan Logistik menyampaikan jika masih ada pelaporan keuangan yang masih perlu diperbaiki, misal pada saat perencanaan anggaran untuk Alat Peraga Kampanye (APK) menyiapkan dana cadangan untuk mengantisipasi penggantian jika ada APK yang rusak dan masih dalam masa kampanye.

Pada Sub Bagian Teknis dan Hupmas, forum memberikan masukan agar seleksi Penyelenggara di tingkat bawah benar-benar diseleksi dengan baik tanpa nepotisme agar menghasilkan tenaga yang lebih profesional.

Dalam forum ini juga menyoroti akan kurangnya partisipasi pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahu lalu sehingga sosialisasi perlu lebih digiatkan lagi dan lebih banyak menyentuh kalangan masyarakat bawah dengan melibatkan  organisasi-organisasi kemasyarakatan sebagai agen sosialisasi, menggandeng media sebagai mitra agar sosialisasi kegiatan dapat menyentuh semua kalangan agar dapat mengangkat partisipasi pemilih.(tknis&hpms)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.