kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

KPU LOMBOK BARAT (PROVINSI NTB) STUDI BANDING KE KPU MAROS (PROVINSI SUL-SEL)

kombinasi

Maros,— Kamis, 22 Desember 2016. KPU Kabupaten Maros kembali kedatangan tamu “vip” yakni kunjungan kerja KPU Kabupaten Lombok Barat yang akan melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat pada Tahun 2018 mendatang. Hal tersebut, sebagai bentuk pemantapan persiapan penyelenggaraan sehingga KPU Kabupaten Lombok Barat melakukan studi banding guna mendapatkan referensi atau fotret pengalaman serta sebagai bahan perbandingan dalam menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serentak Tahun 2015 di Kabupaten Maros.
Rombongan KPU Lombok Barat tersebut diterima langsung oleh Ketua bersama Komisioner beserta jajaran Pimpinan dan Staf Sekretariat KPU Kabupaten Maros di Aula Kantor KPU Kabupaten Maros.
Dalam sambutan penerimaannya, Syaharuddin selaku Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU Kabupaten Lombok Barat yang telah memilih KPU Kabupaten Maros sebagai tempat Kunjungan Kerjanya. Lebih lanjut, “Bang Datu” sapaan akrab Komisioner Syaharuddin menjelaskan secara singkat gambaran umum wilayah kerja KPU Kabupaten Maros bahwa Kabupaten Maros adalah Kabupaten yang berbatasan langsung dengan ibu kota Propinsi Sulawesi Selatan, dalam hal ini adalah Kota Makassar dengan jarak kedua kota tersebut berkisar 30 km dan sekaligus terintegrasi dalam pengembangan Kawasan Metropolitan Mamminasata, terbagi dalam 14 wilayah Kecamatan, 103 Desa/Kelurahan serta memiliki jumlah TPS sebanyak 630. Secara administrasi Lanjut “Bang Datu”, wilayah berbatasan dengan Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Pangkep, Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Gowa dan Bone, Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Gowa dan Kota Makassar, Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Makassar sehingga dalam pelaksanaan tahapan penyelenggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati memiliki tantangan tersendiri serta profesionalisme dari penyelenggara.

20161222_103108Sesaat setelah sambutan penerimaan Komisoner “Bang Datu”, Suhardi selaku Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Lombok Barat menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan penerimaan KPU Kabupaten Maros sekaligus memperkenalkan rombongan secara berturut-turut yakni Umar Achmad Seth selaku Divisi Hukum, M. Amrullah selaku Divisi Teknis, Marlan selaku Divisi Umum serta turut hadir Sekretaris KPU Lombok Barat Lalu Suherman, Madri selaku Kasubag Teknis, dan beberapa staf sekretariat diantaranya Lalu Khaerul Umam, Hj. Tohira dan Dina Herawati selaku Bendahara. Lanjut Suhardi, menyampaikan permohonan maaf Ketua KPU Lombok Barat yang tidak sempat bersama-sama dalam kunjungan kerja tersebut karena secara bersamaan ada acara membawakan materi di DANDIM Lombok Barat.
Usai penyampaian tujuan studi banding dan perkenalan tersebut, Komsioner Darmawati yang membidangi Divisi Teknis KPU Kabupaten Maros menyampaikan secara terperinci pengalaman penyelenggaraannya selama bertugas di KPU Kabupaten Maros. Darmawati merinci memulai dari tahapan pemutakhiran data pemilih bahwa permasalahan pada pemutakhiran data pemilih merupakan permasalahan yang secara nasional dialami dalam penyelenggaraan seluruh Indonesia, menurutnya hal tersebut dapat terselesaikan dengan cara merekrut petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang mumpuni dibidang tugasnya serta melakukan sinergitas dengan Disdukcapil. Rincian pengalaman yang disampaikan berikutnya adalah tahapan pencalonan, kempanye dan tahapan rekapitulasi penghitungan surat suara. Sebelum mengakhiri penyampaian permasalahan-permasalahan dalam penyelenggaraan pemilihan, juga disampaikan strategi penanganan permasalahan tersebut, ungkap Komsioner 2 (dua) periode ini.
Strategi penanganan permasalahan dalam penyelenggaran pemilihan baik Pemilihan Umum maupun Pilkada juga disampaikan oleh Ketua KPU Maros Ali Hasan bahwa dalam menjalankan tahapan penyelenggaraan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait terutama melakukan koordinasi dengan Panwas Pemilihan Kabupaten Maros.
Menanggapi pernyataan dari Ketua dan Komisoner KPU Kabupaten Maros, Suhardi selaku selaku ketua rombongan KPU Kabupaten Lombok Barat mempersilahkan para kawan-kawannya menyampaikan “sharing” atau pertanyaan ke KPU Kabupaten Maros. Kesempatan pertama oleh Umar Achmad Seth yang membidangi Divisi Hukum, menyampaikan bahwa kegiatan studi banding di KPU Kabupaten Maros ini merupakan rangkaian kegiatan yang sebelumnya telah melakukan studi banding di KPU Kota Surabaya guna memotret dan merekam pengalaman-pengalaman beberapa KPU Kabupaten/Kota sebagai bahan penyelenggaraan pemilihan di Kabupaten Lombok Barat. Selanjutnya, oleh Marlan yang membidangi Divisi Logistik mengapresiasi KPU Kabupaten Maros yang telah merinci pengalaman-pengalamannya dalam penyelenggaraan pemilu dan pilkada karena menurutnya hal ini menjadi pelajaran sangat berarti bagi KPU Kabupaten Lombok Barat. Kesempatan berikut oleh M. Amrullah yang membidangi Divisi Teknis, meminta penjelasan lanjutan dari KPU Kabupaten Maros yang ia beri istilah “3S” (sebelum/sedang/sesudah), serta mempertanyakan strategi-strategi penanganan masalah. Serta kesempatan berikunya oleh Lalu Suherman selaku Sekretaris KPU Kabupaten Lombok Barat mempertanyakan terkait MPHD.
Setelah penyampaian pertanyaan dari Komisioner maupun Sekretaris KPU Kabupaten Lombok Barat tersebut yang langusng ditanggapai dan dijelaskan secara terperinci oleh Ketua, Komisioner dan juga oleh Sekretaris KPU Maros, Suhardi selaku Ketua Tim Studi Banding menarik kesimpulan dan pembelajaran bahwa pada intinya yang harus diperhatikan dalam mensukseskan Pelaksanaan Pemilihan adalah Akurasi Data, Koordinasi dengan semua Stackholder dan pendokumentasian kegiatan.
Sebagai penutup Ali Hasan menyampaikan kepada Tim Studi Banding bahwa demi suksesnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, KPU Kabupaten/Kota harus membuka akses keseluruh Tim Pasangan Calon dan yang tidak kalah pentingnya dari rangkaian kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan foto bersama antara Ketua, Komisioner, Sekretaris dan Para Kasubag KPU Kabupaten Maros, dengan Rombongan Studi Banding dari KPU Kabupaten Lombok Barat yang dilanjutkan Studi Wisata kesalah satu Objek Wisata “Bantimurung” Kabupaten Maros. (Yusdar)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.