kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

TINGKATKAN DAFTAR PEMILIH BERKUALITAS, KPU RI GELAR FOCUS GROUP DISCUSSION

Jakarta.kpu go.id Daftar Pemilih memiliki peranan penting dalam setiap pelaksanaan Pemilu maupun Pemilihan. Selain melayani hak konstitusional pemilih, daftar itu juga sebagai acuan dalam pengadaan logistik pemilu serta rekrutmen petugas dan pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih yang berkualitas, Komisi Pemilihan UmumRepublik Indonesia (KPU RI) menggelar Forum Group Discussion (FGD) bertemakan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2017, digelar di Ruang Sidang Lt. 2 Gedung KPU, Jl. Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (5/5).

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, selama ini, pemutakhiran daftar pemilih dilakukan pada saat pelaksanaan pemilu maupun Pemilihan. KPU dalam hal ini, ingin mencoba suatu terobosan baru dengan memutakhirkan daftar tersebut secara berkelanjutan.

“Pemutakhiran itu dijalankan ketika pemilu saja. Semua kegiatan itu dijalankan dengan baik ketika akan dilaksanakannya pemilu. Kami mencoba satu metode baru apa yang disebut dgn pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan,” papar Arief.

Arief berharap dalam diskusi ini, akan menggali metode yang tepat dalam melakukan proses pemutakhiran daftar pemilih. Selain persoalan anggaran, maupun regulasi yang akan memayungi proses ini.

“Hasil diskusi kita kali ini akan dapat memberi kesimpulan apakah perlu dilakukan atau tidak. Jika perlu, kita harus melakukan metode seperti apa, pola kerja, perangkat dan anggarannya,” kata Arief.

“Semoga pertemuan kita kali ini bisa positif untuk Penyelenggara Pemilu 2019 yang berkualitas. Bukan hanya teknis, tapi jg substansi,” harapnya.

FGD ini juga dihadiri oleh Anggota KPU RI periode 2017-2022, beberapa anggota KPU RI pada periode sebelumnya, KPU provinsi, perwakilan Kemendagri, perwakilan LSM, dan penggiat pemilu. (Sumber : www,kpu.go.id – ook/red. Foto KPU/Dosen/Humas)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.