kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

KPU MAROS JALIN KERJASAMA ANTARA PANWAS PEMILIHAN DAN UNHAS

Untitled

MAROS — Sabtu, 12 September 2015. Hari sabtu merupakan akhir pekan bagi Aparatur Sipil Negara pada umumnya dan hari weekend pada umumnya. Namun, hari sabtu itu sangat berbeda dengan hari-hari akhir pekan pada umumnya karena pelataran Kantor Pemerintahan Kabupaten Maros (Bupati Maros) nampak ramai yang memadati Aula Pendopo B Kantor Pemda Maros guna menghadiri sebuah rangkaian kegiatan Seminar Pilkada Serentak 2015 yang merupakan kegiatan Kerjasama antara KPU Kabupaten Maros, Panwas Pemilihan dengan Universitas Hasanuddin.

Kegiatan tersebut merupakan wujud pelaksanaan dari Pasal 3 dan Pasal 4 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2015 tentang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. KPU Kabupaten Maros memiliki tanggungjawab untuk mensukseskan makna untaian pasal tersebut dengan cara melaksanakan kegiatan-kegiatan sosialisasi. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Maros adalah bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin untuk mensosialisasikan Pilkada Serentak 2015.

Rangkaian Acara tersebut dimulai dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana Sosialisasi Pilkada Serentak Gustiana A. Kambo dilanjutkan dengan sambutan Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Laode Arumahi. Sesaat setelah rangkaian acara sambutan, Andi Ali Armunanto yang bertindak moderator mengambil alih rangkaian acara dan mempersilahkan para pemateri sesi I (pertama) menempati posisi yang telah disiapkan. Adapun pemateri panel pada sesi I (pertama) yakni Iqbal Latief (Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan), Laode Arumahi (Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan) yang mengantarkan judul materi yang sama yakni  Pelaksanaan, Pengawasan dan Regulasi Pilkada dari sudut pandang sesuai Tupoksinya masing-masing selaku Penyelenggara Pemilihan, selain pemateri dari sudut pandang Penyelenggara Pemilihan, pada rangkaian materi sesi I (pertama) juga menghadirkan pemateri dari kalangan akademisi yakni Prof. Dr. Kausar Bailusy yang mengantarkan materinya dengan judul Pemetaan Situasi Konflik di Kabupaten Maros. Materi pada sesi I (pertama) berlangsung hingga adzan shalat dhuhur dikumandangkan dari Masjid Al-Markas Kabupaten Maros yang hanya bersebelahan jalan dengan tempat kegiatan tersebut.

Hingga selesainya Isma (Istirahat sejenak, Sholat, Makan), Andi Naharuddin yang akan bertindak selaku moderator pada sesi II (kedua) langsung mengambil alih tahapan kegiatan dengan mempersilahkan para pemateri panel sesi II (kedua) yakni Jayadi Nas yang juga merupakan mantan Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan mengantarkan materi  dengan judul Penguatan Institusi Partai di Kabupaten Maros serta dari Kepolisian Resor Maros yang diantarkan oleh Kabag OPS Ahmad Riadi dengan judul materi Pengamanan Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Maros.

Kegiatan Sosialisasi Pilkada Serentak ini turut dihadiri oleh para undangan diantaranya Komisioner dan unsur Sekretariat KPU Kabupaten Maros, Komisioner dan unsur Sekretariat Panwas Pemilihan Kabupaten Maros, Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panwas Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Maros, Perwakilan Partai Politik Tingkat Kabupaten Maros, Pejabat teras Pemda Maros serta Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemahasiswaan maupun Organisasi Kemasyarakatan se-Kabupaten Maros. (Yusdar)

 

 

 

 

 

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.