kpu@maroskab.go.id 0411 - 373999

No Image

RAKOR PEMUTAKHIRAN DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2017

Maros. Menindak lanjuti Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 176/KPU/IV/2016, tanggal, 06 April 2016, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maros Melaksanakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih tahun 2017 yang di hadiri oleh wakil dari Disdukcapil. Kesbangpol, Dinas Sosial, para Camat se-Kabupaten Maros, Komisioner dan staf sekretariat KPU Kabupaten Maros. Kegiatan ini bertujuan agar semua warga yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih telah memiliki E-KTP.

Kegiatan rapat koordinasi pemutakhiran daftar pemilih tahun 2017 ini dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Juni 2017 pada sore hari pukul 16.00 Wita yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama. Walaupun agak terlambat dimulai Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih tahun 2017 di buka langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maros Ali Hasan, SH. Beliau menyampaikan bahwa rapat koordinasi pemutakhiran daftar pemilih ini sangat penting karena semua instansi terkait harus saling mendukung dalam mensukseskan Pilkada tahun 2018. Setelah membuka kegiatan tersebut beliau langsung memberikan kesempatan kepada Divisi Perencanaan dan Data Dr. Ansar, SE.,M.Si untuk memandu acara tersebut.

Dalam kesempatan ini Dr. Ansar,SE.M.Si menyampaikan bahwa Komisi Pemilihan Umum di tuntut untuk berkoordinasi dengan Disdukcapil mengenai Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan, hal ini disebabkan setiap peserta pemilih PILKADA serentak tahun 2018 adalah mereka yang memenuhi syarat sebagai pemilih dan memiliki E-KTP, kemudian beliau memberikan kesempatan kepada semua undangan atau yang mewakili untuk menyampaikan masalah-masalah yang di hadapi diwilayah kerja masing-masing :

  1. Disdukcapil
  • Data yang ada pada Disdukcapil mengenai jumlah penduduk yang belum merekam E-KTP adalah data dari aplikasi.
  • Masih adanya warga yang belum sadar tentang pentingnya KartuI dentitas Diri (KTP)
  1. Kesbangpol
  • Perlu ada kerjasama dengan Dinas Pendidikan setempat untuk mendata siswa yang sudah berumur 17 tahun secara kontinyu.
  1. Dinas Sosial
  • Dinas Sosial siap memfasilitasi Disdukcapil dalam melakukan Perekaman E-KTP khusus Disabilitas dengan melibatkan semua pendamping disetiap kecamatan se-Kabupaten Maros
  1. Kecamatan

      Adapun masalah-masalah yang dihadapi dari 14 kecamatan se-kabupaten Maros hampir sama yaitu :

  • Harus disepakati bahwa sebagai pihak yang berkompeten harus memberikan perhatian khusus kepada warga ataupun disabilitas dalam melakukan perekaman E-KTP karena tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada warga, baru mau mereka mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada saat mereka butuh (terjadi di kecamatan Maros Baru)
  • Masih ada ditemukan warga pendatang tidak memiliki identitas diri (terjadi di kecamatan Simbang)
  • Masih ada warga yang belum tahu ke kota atau tidak mengetahui letak Kantor Disdukcapil kabupaten Maros (terjadi di kecamatan Mallawa)
  • Perlu penjadwalan Perekaman E-KTP khusus untuk daerah yang sulit terjangkau (masukan/usul dari kecamatan Tompobulu)
  • Tidak akuratnya data setelah pergantian pejabat ( masukan dari kecamatan Lau)
  • Perlu ada data siswa SMA Kelas II dan III (usul dari kecamatan Turikale)

Dari masalah-masalah yang disampaikan oleh peserta Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Tahun 2017 dapat di simpulkan bahwa Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maros, disdukcapil dan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait harus saling mendukung dalam mensukseskan Pilkada Serentak tahun 2018. (AB – Program & Data)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.